Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, And Review (SQ3R) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas III SD Negeri Panaikang Kabupaten Gowa

NUR ZALSHA ZASIKHA (2023) Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, And Review (SQ3R) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas III SD Negeri Panaikang Kabupaten Gowa.

[img] Text
2. ARTIKEL ZALSHA FIX.pdf

Download (213kB)

Abstract

k. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, And Review (SQ3R) untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas III SD Negeri Panaikang Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD Negeri Panaikang Kabupaten Gowa semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu secara kualitatif dan kuantitatif. Secara kualitatif, data dianalisis dari hasil observasi performansi guru dan aktivitas belajar siswa. Sedangkan secara kualitatif, data dianalisis dari hasil tes yang dilakukan di setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup dan pada siklus kedua mengalami peningkatan menjadi kategori baik. Sejalan dengan hal tersebut, keterampilan membaca siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi kategori baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, And Review (SQ3R) dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas III SD Negeri Panaikang Kabupaten Gowa telah berhasil. Kata Kunci: Keterampilan Membaca; Metode SQ3R; Sekolah Dasar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:03
Last Modified: 11 Sep 2023 03:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34000

Actions (login required)

View Item View Item