NUR ZALSHA ZASIKHA (2023) Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, And Review (SQ3R) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas III SD Negeri Panaikang Kabupaten Gowa.
Text
2. ARTIKEL ZALSHA FIX.pdf Download (213kB) |
Abstract
k. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, And Review (SQ3R) untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas III SD Negeri Panaikang Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD Negeri Panaikang Kabupaten Gowa semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu secara kualitatif dan kuantitatif. Secara kualitatif, data dianalisis dari hasil observasi performansi guru dan aktivitas belajar siswa. Sedangkan secara kualitatif, data dianalisis dari hasil tes yang dilakukan di setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup dan pada siklus kedua mengalami peningkatan menjadi kategori baik. Sejalan dengan hal tersebut, keterampilan membaca siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi kategori baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, And Review (SQ3R) dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas III SD Negeri Panaikang Kabupaten Gowa telah berhasil. Kata Kunci: Keterampilan Membaca; Metode SQ3R; Sekolah Dasar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 03:03 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 03:03 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34000 |
Actions (login required)
View Item |