PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN DAN KONEKSI MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG MEMILIKI PEMAHAMAN KONSEP KATEGORI TINGGI DI SMP NEGERI 1 SUNGGUMINASA

ALFISYAHRA, ALFISYAHRA (2016) PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN DAN KONEKSI MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG MEMILIKI PEMAHAMAN KONSEP KATEGORI TINGGI DI SMP NEGERI 1 SUNGGUMINASA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (35kB)

Abstract

ABSTRAK Pemahaman konsep merupakan salah satu kemampuan yang menentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Tingkat pemahaman konsep dapat menyebabkan perbedaan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika, khususnya dalam bernalar dan mengkoneksikan ide-ide matematika. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui profil kemampuan penalaran dan koneksi matematis dalam pemecahan masalah matematika siswa yang memiliki pemahaman konsep kategori tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif-kualitatif. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama yang dipandu oleh tes pemahaman konsep matematika, tes pemecahan masalah matematika, dan pedoman wawancara yang valid. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes dan diverifikasi dengan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas XIB SMP Negeri 1 Sungguminasa yang terdiri dari tiga orang dengan pemahaman konsep kategori tinggi. Proses penelitian mengikuti tahap-tahap: (a) merumuskan indikator-indikator kemampuan penalaran dan koneksi matematis, (b) merumuskan instrumen pendukung (tes pemahaman konsep matematika, tes pemecahan masalah matematika, dan pedoman wawncara) yang valid dan reliabel, (c) melakukan pengambilan subjek penelitian berdasarkan tingkat pemahaman konsep, (d) melakukan pengambilan data untuk mengungkapkan kemampuan penalaran dan koneksi matematis siswa dengan tes pemecahan masalah matematika, (e) melakukan traingulasi metode untuk mendapatkan data yang valid, (f) melakukan analisis data, (g) melakukan pembahasan analisis data, (h) melakukan penarikan kesimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: (a) subjek dengan pemahaman konsep kategori tinggi (PKT) menunjukkan kecenderungan penalaran thing-making, asosiatif, kreatif, algoritmik, dan deduktif (b) subjek dengan pemahaman konsep kategori tinggi (PKT) menunjukkan kecenderungan melakukan koneksi berdasarkan fakta-fakta dalam soal. Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Penalaran Matematis, Kemampuan Koneksi Matematis, Pemecahan Masalah. ABSTRACT The conceptual understanding is one of abilities which determine the success of students in learning. The degree of conceptual understanding can cause students; abilities differences in solving Mathematics problems, particulary in reasoning and connecting mathematical ideas. This study aims at discovering the profile of reasoning ability and Mathematics connection in solving Mathematics problems of the students who have high category conceptual understanding. This study is descriptive research with quantitative-qualitative approach. The researcher acts as the main instrument guided by the test of Mathematics conceptual understanding, test of Mathematics problem solving, and a valid guided interview. Data is collected through test and verified with the interview. The subjects of the study are students of grade XIB at SMPN 1 Sungguminasa which consists of three students with high category conceptual understanding. The process of the study is a follows: (a) formulating the indicators of reasoning ability and Mathematics conceptual understanding, (b) formulating the supporting instrument (test of Mathematics conceptual undersatanding, test of Mathematics problem solving, and guided interview) which is valid and reliable, (c) obtaining research subjects based on the degree of conceptual understanding, (d) obtaining the data to reveal reasoning ability and connection Mathematical of the students using the test of Mathematics problem solving, (e) conducting triangulation to obtain a valid data, (f) conducting data analysis, (g) conducting data analysis discussion, and (h) conducting conclusion drawing. The results of the study reveal that (a) the subjects with high category conceptual understanding indicate they have the tendency of thing-making reaoning, associative, creative, algorithmic, and deductive and (b) the subjects with high category conceptual understanding indicated the tendency to conduct connection based on the facts in questions.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Oct 2017 02:12
Last Modified: 27 Oct 2017 02:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3400

Actions (login required)

View Item View Item