Problematika Dalam Pembelajaran Sosiologi (Studi Pada Guru-Guru Sosiologi SMA/MA Sederajat Di Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng).

Nugraha kautsar, Yunus (2015) Problematika Dalam Pembelajaran Sosiologi (Studi Pada Guru-Guru Sosiologi SMA/MA Sederajat Di Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng). Diploma thesis, Universitas Negeri Mkassar.

[img] Text
SKRIPSI Nugraha Kautsar.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK NUGRAHA KAUTSAR YUNUS, 2014. Problematika Dalam Pembelajaran Sosiologi (Studi Pada Guru-Guru Sosiologi SMA/MA Sederajat Di Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng). Dibimbing oleh A Octamaya Tenri Awaru dan Muh. Syukur. Program studi Pendidikan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Makassar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Problematika apa yang dihadapi guru dalam pembelajaran Sosiologi SMA/MA sederajat di Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng dan Bagaimana cara guru mengatasi problematika pembelajaran Sosiologi SMA/MA sederajat di Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif tipe deskriptif. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan kriteria guru mata pelajran Sosiologi di SMA/MA sederajat di Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng dan telah mengajar lebih dari 2 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentsi. Analisis data menggunakan reduksi data, display dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran sosiologi yaitu disiplin ilmu yang bukan dari disiplin ilmu pendidikan sosiologi, proses pemberian materi secara menyeluruh kepada siswa yang memakan waktu lama karena perbedaan intelgensi dan sikap siswa, penggunaan metode ceramah yang masih kuat, penggunaan model-model pembelajaran yang minim, pengaplikasian media pembelajaran yang belum maksimal, ketersediaan buku pada perpustakaan sekolah. Guru mengatasi problematika disiplin ilmu dengan belajar kembali sebelum mebawakan materi, penyampaian materi diatasi dengan memberikan pengayaan kepada siswa setelah proses pembelajaran, metode pembelajaran diatasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang lebih mengaktifkan siswa, masalah umpan balik siswa yang kurang dalam penggunaan model diatasi dengan memberikan penghargaan kepada siswa, masalah dana kurang dari pihak sekolah, diatasi dengan dana sendiri, masalah media diatasi dengan membawa media pembelajaran sendiri, mereka belajar kembali kepada guru yang bisa mengoperasikannya, masalah ketersedian buku ditasi dengan mencari buku penunjang lain dengan menggunakan biaya sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:15
Last Modified: 07 Mar 2018 02:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/340

Actions (login required)

View Item View Item