PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA SISWA KELAS V SD NEGERI PANAIKANG KABUPATEN GOWA

MELDAYANTI GIANG (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA SISWA KELAS V SD NEGERI PANAIKANG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
ARTIKEL_Meldayanti_Giang_Universitas_Negeri_Makassar.docx

Download (74kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan mengetahui penggunaan model pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa Kelas V SD Negeri Panaikang Kabupaten Gowa. Fokus dari penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dan sikap kerjasama siswa. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan selurus siswa kelas V SD Negeri Panaikang Kabupaten Gowa yang berjumlah 20 orang pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup dan pada siklus kedua mengalami peningkatan menjadi kategori baik. Pada siklus I aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup dan pada siklus kedua mengalami peningkatan menjadi kategori baik. Sejalan dengan hal tersebut, hasil sikap kerjasama siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi kategori baik. Dari hasil dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw telah berhasil dalam meningkatkan sikap Kerjasama siswa. Kata Kunci: Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw, sikap kerjasama siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:47
Last Modified: 11 Sep 2023 02:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33996

Actions (login required)

View Item View Item