Ketidaksetaraan Gender dalam Buku Teks Siswa Kurikulum 2013 Gender Inequality In The 2013 Curricullum Student Textbooks In Primary Schools

NUR FAILLAH (2023) Ketidaksetaraan Gender dalam Buku Teks Siswa Kurikulum 2013 Gender Inequality In The 2013 Curricullum Student Textbooks In Primary Schools.

[img] Text
PJE Artikell Nur faillah.pdf

Download (609kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah adanya ketidaksetaraan gender dalam buku teks siswa kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk ketidaksetaraan gender dalam buku teks siswa sekolah dasar dan untuk mendeskripsikan konstruksi ketidaksetaraan gender dalam buku teks siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang dipakai dalam penelitian ini yakni data primer berupa buku tematik siswa tema di Sekolah Dasar dan data sekunder meliputi literatur lain berupa buku, jurnal dan mendia informasi lainnya. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah buku siswa kurikulum 2013 di Sekolah Dasar kelas I, II, dan III. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu teknik observasi dan studi kepustakaan (kajian literatur). Data dianalisis menggunakan teknik analisis data dengan langkah-langkah mengidentifikasi, memilah teks, dan menganalisis. Hasil penelitian menyatakan bahwa substansi isi buku mengandung ketidaksetaraan gender. Ketidaksetaraan gender tersebut tercemin melalui gambar ilustrasi maupun teks cerita yang tergolong dalam tiga kategori, yaitu (1) Ketidaksetaraan gender dalam nilai sifat, (2) Ketidaksetaraan gender dalam peran kerja, dan (3) Ketidaksetaraan gender dalam kegemaran. Dari setiap kategori menggambarkan sosok perempuan yang lekat akan sikap feminimnya, lemah, irasional, emosional dan banyak berperan dalam hal-hal domestik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah laki-laki mendominasi dari segala aspek, yaitu jumlah gambar perempuan/laki-laki dan jumlah perempuan atau laki-laki yang disebutkan. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat ketidakadilan pada konstruksi gender. Kata Kunci : ketidaksetaraan gender dan buku teks siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:30
Last Modified: 11 Sep 2023 02:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33994

Actions (login required)

View Item View Item