PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V UPT SD NEGERI CENTRE MANGNGALLI KABUPATEN GOWA

RAHMATUL (2023) PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V UPT SD NEGERI CENTRE MANGNGALLI KABUPATEN GOWA.

[img] Text
JURNAL RAHMATUL FIX.pdf

Download (7MB)

Abstract

Rahmatul, 2022. “Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Keterampilan Berbicara Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V UPT SD Negeri Centre Mangngalli Kabupaten Gowa”. Naskah Skripsi ini di bimbing oleh Pembimbing INur Abidah Idrus, S.Pd., M.Pd dan Drs. Lutfi B, M. Kes selaku Pembimbing II pada Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa yang terlihat pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VA di UPT SD Negeri Centre Mangngalli Kabupaten Gowa. Beranjak dari masalah tersebut, maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran metode sosiodrama terhadap keterampilan berbicara siswa sebelum perlakuan (2) Gambaran keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia setelah perlakuan. (3) Pengaruh metode sosiodrama terhadap keterampilan berbicara pada siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-experiment dengan desain one group pretest�posttest design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA dan VB yang berjumlah 34 orang dan 33 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan jumlah sampel yakni 34 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik infrensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : metode sosiodrama memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan berbicara siswa. Terlihat adanya peningkatan keterampilan berbicara pada siswasesudah menggunakan metode sosiodrama. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa metode sosiodrama berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Kata Kunci : Metode sosiodrama, Keterampilan Berbicara

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Sep 2023 06:20
Last Modified: 07 Sep 2023 06:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33973

Actions (login required)

View Item View Item