PENGARUH PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI TEKNIK LATIHAN GRAPHOMOTOR SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IDI SD NEGERI 196 KASISI KECAMATAN CURIOKABUPATEN ENREKANG

NUR FADILAH JUFRI (2023) PENGARUH PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI TEKNIK LATIHAN GRAPHOMOTOR SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IDI SD NEGERI 196 KASISI KECAMATAN CURIOKABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
Artikel Nur Fadilah Jufri .pdf

Download (361kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis permulaan, gambaran penerapan teknik latihan graphomotor pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD Negeri 196 Kasisi kecamatan Curio kabupaten Enrekang dan mengetahui pengaruh peningkatan kemampuan menulis permulaan melalui teknik latihan graphomotor pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD Negeri 196 Kasisi kecamatan Curio kabupaten Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental dan menggunakan pendekatan One-group Pre-test Post-test design. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu teknik latihan graphomotor, sedangkan variabel terikat yaitu peningkatan kemampuan menulis permulaan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SD Negari 196 Kasisi dengan jumlah siswa 13 orang. Data Hasil penelitian berdasarkan lembar observasi terdapat pada kategori sangat baik sehingga terlaksananya pembelajaran sesuai yang diharapkan, hal ini terlihat disetiap pemberian Treatment. Analisis data diperoleh dengan memberikan Pre�Test dan Post-Test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata (mean) pretest sebesar 68.46 sedangkan nilai rata-rata (mean) posttest sebesar 82.69. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan setelah penerapan teknik latihan graphomotor dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa pada muatan bahasa indonesia. Berdasarkan statistik inferensial menggunakan uji paired sample t- test sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan teknik latihan graphomotor berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis permulaan siswa pada muatan bahasa indonesia kelas I di SD Negeri 196 Kasisi. Kata Kunci: Menulis Permulaan, Latihan Graphomotor, Bahasa Indonesia

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Sep 2023 05:36
Last Modified: 07 Sep 2023 05:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33968

Actions (login required)

View Item View Item