Peran Manajerial Kepala Sekolah di SMA Negeri 15 Luwu

NOVA (2023) Peran Manajerial Kepala Sekolah di SMA Negeri 15 Luwu.

[img] Text
JURNAL NOVA.pdf

Download (503kB)

Abstract

NOVA, 2023. Peran Manajerial Kepala Sekolah di SMA Negeri 15 Luwu. Skripsi dibimbing oleh Prof. Dr.H. Syamsu Kamaruddin, M. Si dan Dr. Muh. Ardiansyah, S.IP., M. Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang peran manajerial kepala sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran manajerial kepala sekolah, faktor pendukung dan penghambat peran manajerial kepala sekolah. Pendekatan penelitian ialah kualitatif dengan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 15 Luwu, sumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan komite. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data reduksi data, reduksi data, penyajian data, pengambilan keputusan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan member chek. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Peran manajerial yang dilakukan oleh kepala SMA Negeri 15 Luwu meliputi. (a) Perencanaan yaitu menyusun rencana strategis untuk mencapai tujuan sekolah, merencanakan SDM dengan merinci kebutuhan tenaga pendidik yang akan menjalankan tugas dalam mengajar, merencanakan kebijakan seperti program kepala sekolah serta kurikulum yang akan dijalankan, dalam menyusun kebijakan, kepala sekolah melibatkan guru dan tenaga ahli dengan melewati beberapa tahan seperti mengadakan beberapa kali pertemuan dengan wakasek, guru, pengawas, dan orangtua. (b) Pengorganisasian yaitu memberdayakan sumber daya sesuai dengan potensi yang dimiliki menciptakan suasana kerja yang positif bagi staf dan guru, membuat sebuah struktur organisasi sekolah seperti adanya keterlibatan orangtua melalui komite sekolah, memilih ketua panitia dalam beberapa acara, melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan sekolah dan adanya fasilitas yang perlu dibenahi dan dilengkapi. (c) Pelaksanaan yaitu kepala sekolah mampu mengelola relasi dengan masyarakat sekitar terutama dalam hal promosi seperti membuat pamflet atau selebaran yang berisi tentang sejarah sekolah, staf pengajar, fasilitas sekolah, dan kegiatan belajar. Mengadakan program pengembangan kapasitas bagi peserta didik yang memiliki potensi dan minat melalui ekstrakurikuler pramuka, PMR, dan sepakbola. Mengelola sarana dan prasarana secara optimal. Mengarahkan seluruh staf dan guru (d) Pengawasan yaitu melakukan supervisi terhadap guru yang mengajar, memastikan bahwa semua guru dan staf memahami dan mematuhi aturan yang berlaku di sekolah. (e) Faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung peran manajerial kepala sekolah yaitu terbinanya hubungan baik dengan orang tua siswa, motivasi atau etos kerja yang tinggi antar guru. Dan faktor penghambat yaitu kurangnya dana atau anggaran disekolah.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:31
Last Modified: 07 Sep 2023 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33964

Actions (login required)

View Item View Item