Pengaruh Penggunaan Media Video Sparkol Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar

YULANDA JESIKA PUTRI (2023) Pengaruh Penggunaan Media Video Sparkol Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

[img] Text
2. Artikel.pdf

Download (237kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan media video sparkol, motivasi belajar, dan Pengaruh penggunaan media video sparkol terhadap motivasi belajar pada siswa kelas IV SD Negeri Tidung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tidung yang berjumlah 34 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengujian hipotesis menggunakan t-test dengan jenis Independent Sample Test. Berdasarkan lembar observasi dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menggunakan media video sparkol berlangsung dengan sangat baik. Berdasarkan angket motivasi belajar siswa di kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan berupa media video sparkol berada pada kategori sedang, setelah diberikan perlakuan berada pada kategori tinggi. Sedangkan motivasi belajar siswa pada kelas kontrol sebelum diberikan perlakuan berupa media gambar berada pada kategori sedang, setelah diberikan perlakuan berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial atau uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video sparkol berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa. secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Media Video Sparkol.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:16
Last Modified: 07 Sep 2023 03:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33961

Actions (login required)

View Item View Item