Efektivitas Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV

AFIF ARINA (2023) Efektivitas Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV.

[img] Text
Jurnal Afif Arina.pdf

Download (995kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan yaitu: (1) mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran di kelas menggunakan media Wordwall, (2) mengetahui gambaran hasil belajar matematika siswa kelas IV materi pecahan, dan (3) mengetahui efektivitas media Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV materi pecahan UPTD SDN 175 Kawarasan Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan penggunaan media Wordwall berjalan dengan sangat baik. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan terdapat perbedaan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kontrol yang berarti adanya peningkatan hasil belajar matematika pada kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Didukung dengan N-gain kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran menggunakan media Wordwall berlangsung sangat efektif, (2) hasil tes siswa menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan, (3) media Wordwall sangat efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV materi pecahan UPTD SDN 175 Kawarasan Kabupaten Luwu Timur. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Wordwall, Hasil belajar Matematika

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:50
Last Modified: 07 Sep 2023 02:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33955

Actions (login required)

View Item View Item