Pengaruh Permainan Multiply Cards Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III UPT SPF SD Inpres BTN IKIP IKota Makassar

NIA RAMADHANI (2023) Pengaruh Permainan Multiply Cards Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III UPT SPF SD Inpres BTN IKIP IKota Makassar.

[img] Text
2. Artikel_Nia Ramadhani (1847041074_UNM).pdf

Download (940kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) gambaran penggunaan permainan multiply cards perkalian pada mata pelajaran matematika. (2) gambaran hasil belajar matematika siswa setelah menggunakan permainan multiply cards perkalian, (3) pengaruh penggunaan media permainan multiply cards perkalian terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III UPT SPF SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berbentuk Quasi Eksperimental Design dengan tipe NonEquivalent Control Group Design yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III UPT SPF SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas III.a dan kelas III.b dengan total 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar matematika, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t untuk menguji pengaruh penggunaan media permainan multiply cards perkalian terhadap hasil belajar matematika. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu: (1) hasil observasi penggunaan permainan multiply cards perkalian diperoleh kategori sangat baik, yang artinya penggunaan media permainan multiply cards perkalian dalam pembelajaran telah terlaksana dengan sangat baik. (2) rerata (Received: 20-maret-2023; Accepted: 23-april-2023; Published: 13-November-2023) Pinisi Journal PGSD, Volume 3, Nomor 3, November 2023, Hal. 1-15 2 N-gain kelas kontrol adalah 0,1524 (kategori rendah) dan kelas eksperimen adalah 0,7830 (kategori tinggi). (3) hasil uji-t yaitu thitung sebesar 2,180 dan nilai ttabel untuk df=48 dengan taraf signifikansi 5% adalah 2,010. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (2,180 > 2,010). Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan media permainan multiply cards perkalian terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III UPT SPF SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar. Kata kunci : Media multiply cards, hasil belajar matematika

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:12
Last Modified: 07 Sep 2023 02:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33950

Actions (login required)

View Item View Item