KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA FILM DALAM PEMBELAJARAN MENULIS WACANA NARASI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LAU MAROS KABUPATEN MAROS

Amalia, Anna (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA FILM DALAM PEMBELAJARAN MENULIS WACANA NARASI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LAU MAROS KABUPATEN MAROS. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (43kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan media film dalam pembelajaran menulis wacana narasi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lau Maros Kabupaten Maros. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental design atau eksperimen semu dengan bentuk pretest-postest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lau Maros. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 326 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purporsive sampling (sampel bertujuan). Sampel yang terpilih yaitu kelas XI APK (Administrasi Perkantoran) B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 siswa dan kelas XI APK (Administrasi Perkantoran) A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Teknik analisis statistik yang digunakan yaitu Statistical Package for Social Sciense (SPSS) versi 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan siswa pada kelas eksperimen dalam menulis wacana narasi dengan menerapkan media film menunjukkan hasil yang sangat memadai. Siswa yang mampu memperoleh dan berada di atas KKM yang telah ditetapkan yaitu 75 sebesar 85,3% atau sebanyak 29 siswa dan yang berada di bawah nilai KKM 75 sebesar 14,7% atau sebanyak 5 siswa. Kemampuan siswa pada kelas kontrol dalam menulis wacana narasi dengan menerapkan metode konvensional menunjukkan hasil yang kurang memadai. Siswa yang berhasil mencapai dan berada di atas KKM 75 sebesar 50% atau 17 siswa dan yang berada di bawah KKM 75 sebesar 50% atau 17 siswa. Jadi berdasarkan hasil penelitian tersebut, menunjukkan bahwa penggunaan media film efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis wacana narasi. Hal ini ditunjukkan pada hasil uji hipotesis menggunakan analisis statistika inferensial jenis uji-t independent samples testdiperoleh nilai t hitung sebesar 4,996 dant tabel sebesar 1,99656 karena nilait hitung≥ t tabel maka hipotesis nol (H0¬) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa media film efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis wacana narasi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lau Maros Kabupaten Maros.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Oct 2017 01:28
Last Modified: 14 Mar 2018 03:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3395

Actions (login required)

View Item View Item