PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN K3 DAN SANITASI HYGIENE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DI SMK NEGERI 1 MAJENE

Nasriani, Nasriani and Slamet Widodo, Slamet Widodo and Syamsidah, Syamsidah (2019) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN K3 DAN SANITASI HYGIENE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DI SMK NEGERI 1 MAJENE. PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN K3 DAN SANITASI HYGIENE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DI SMK NEGERI 1 MAJENE, 2. pp. 109-114. ISSN 2622-0520

[img] Text (Artikel)
Peningkatan Keaktifan Nas.pdf - Published Version

Download (480kB)
Official URL: https://jurnal.yapri.ac.id/index.php/semnassmipt/a...

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran K3 dan Sanitasi Hygiene Melalui Model Pembelajaran Problem Based. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa 25 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Data diambil dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui keaktifan siswa. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan belajar peserta didik siswa dari siklus I ke siklus II, dimana terjadi peningkatan Keaktifan belajar peserta didik, yaitu 60% pada siklus I mengalami peningkatan mencapai 75% di siklus II. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model Based Instruction dapat meningkatkan keaktifan pada kelas X SMK Negeri 1 Majene.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Syam sidah ida
Date Deposited: 13 Sep 2023 04:42
Last Modified: 13 Sep 2023 04:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33948

Actions (login required)

View Item View Item