PENGARUH MEDIA BIG BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI LONRONG KABUPATEN GOWA

MIRWANI (2023) PENGARUH MEDIA BIG BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI LONRONG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
02 Artikel_Mirwani.pdf

Download (479kB)

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre�eksperimental dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design yang bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca permulaan siswa sebelum dan setelah penggunaan media big book. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasrkan hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa keterampilan membaca permulaan sebelum menggunakan media big book memperoleh rata-rata 65,13 pada kategori cukup, dan keterampilan membaca permulaan setelah menggunakan media big book memperoleh rata-rata 87,20 pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil statistik inferensial menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh dari thitung 5,630. Selanjutnya dibandingkan dengan tabel distribusi t, untuk kesalahan 5% dan dk=n-1=30-1=29 diperoleh 2Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1) Februari 2023 nilai 1,69913. Hasil thitung lebih besar dari ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Big Book berpengaruh terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri Lonrong Kabupaten Gowa. Kata kunci: media big book, membaca permulaan, keterampilan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Sep 2023 01:41
Last Modified: 07 Sep 2023 01:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33943

Actions (login required)

View Item View Item