Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid�19 UPT SPF SD Inpres Mallengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar

ADELIFIA FATTAH (2023) Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid�19 UPT SPF SD Inpres Mallengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar.

[img] Text
PJS ARTIKEL- ADELIFIA FATTAH.pdf

Download (531kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan motivasi belajar pada masa pandemi covid-19 UPT SPF SD Inpres Mallengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Efikasi diri sedangkan variabel terikat adalah motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV dan V UPT SPF SD Inpres Mallengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar yang berjumlah 124 peserta didik, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 95 peserta didik. Data hasil penelitian diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan teknik analisis data Kolmogorov Smirnov. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh gambaran efikasi diri peserta didik pada masa pandemi covid-19 berada pada kategori tinggi, gambaran motivasi belajar peserta didik pada masa pandemi covid-19 berada pada kategori dan berdasarkan inilai Asymp Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Efikasi diri terhadap motivasi belajar pada masa pandemi covid-19 UPT SPF SD Inpres Mallengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar. Kata Kunci: Efikasi diri dan Motivasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Sep 2023 01:32
Last Modified: 07 Sep 2023 01:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33941

Actions (login required)

View Item View Item