PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWAPADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI69 GALESONG 1 KOTA KABUPATEN TAKALAR

AULIA REZKYANA AGUS (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWAPADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI69 GALESONG 1 KOTA KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
JURNAL AULIA REZKYANA AGUS.pdf

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model PembelajaranCIRC untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 69 Galesong 1 Kota Kabupaten Takalar. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran CIRC dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 69 Galesong 1Kota Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatankualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatanmeliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran CIRC dan kemampuan membacapemahaman siswa. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas V SD Negeri 69 Galesong 1 Kota Kabupaten Takalar yangberjumlah 20 orang pada semester genap tahun ajaran 2022. Teknikpengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasilpenelitian pada siklus I yaitu berada pada kategori Cukup dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan modelpembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 69 Galesong 1Kota Kabupaten Takalar. Kata Kunci: CIRC, Kemampuan Membaca Pemahaman

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Sep 2023 05:42
Last Modified: 06 Sep 2023 05:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33933

Actions (login required)

View Item View Item