PENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS, MOTIVASI KERJA, IKLIM KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI DI KOTA AMBON

Calorina Naomi Orno, Getruida (2016) PENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS, MOTIVASI KERJA, IKLIM KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI DI KOTA AMBON. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (78kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran kinerja guru, pelaksanaan supervisi akademik pengawas, motivasi kerja, iklim kerja dan disiplin kerja guru SMK Negeri di Kota Ambon dan (2) pengaruh pelaksanaan supervisi akademik pengawas, motivasi kerja, iklim kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru SMK Negeri di Kota Ambon. Jenis penelitian ini adalah expost facto, dalampenelitianini yang ingin diketahui adalah besarnya pengaruh disiplin, motivasi dan iklim kerja terhadap kinerja guru baik secara langsung maupun tidak langsung, data yang dikumpulkan pada setiap variabel tersebut merupakan fakta yang telah terjadi. Populasi penelitianya seluruh guru PNS SMK Negeri di Kota Ambon berjumlah 408 orang guru. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin yang menghasilkan jumlah sampel 202 orang guru dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang sudah divalidasi secara empirik terhadap 200 orang responden. Variabel penelitian terdiri atas tiga variabel bebas yaitu pelaksanaan supervisi akademik pengawas (X1), motivasi kerja (X2), dan iklim kerja (X3), dan satu variabel intervening yaitu disiplin kerja (Y1), dan satu variabel terikat yaitu kinerja guru (Y2). Teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Teknik analisa data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menggambarkan bahwa : pelaksanaan supervisi akademik pengawas berada pada kategori baik, motivasi kerja berada pada kategori baik, iklim kerja berada pada kategori baik, disiplin kerja berada pada kategori baik, kinerja guru berada pada kategori cukup baik.Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa : (1) pelaksanaan supervisi akademik pengawas berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kinerja guru dan berpengaruh melalui disiplin kerja tidak signifikan (2) motivasi kerja berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kinerja guru dan berpengaruh melalui disiplin kerja signifikan. (3) iklim kerja berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kinerja guru dan berpengaruh melalui disiplin kerja tidak signifikan. Kata kunci : Pelaksanaan supervisi akademik pengawas, motivasi kerja, iklim kerja, disiplin kerja, kinerja guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Oct 2017 01:12
Last Modified: 27 Oct 2017 01:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3393

Actions (login required)

View Item View Item