PENERAPAN METODE LEARNING START WITH QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV UPT SDN 33 PINRANG

NURUL FITRI HANDAYANI (2023) PENERAPAN METODE LEARNING START WITH QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV UPT SDN 33 PINRANG.

[img] Text
ARTIKEL-NURUL FITRI HANDAYANI.pdf

Download (209kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar matematika siswa kelas IV UPT SDN 33 Pinrang Kabupaten Pinrang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan gambaran penerapan metode Learning Start With A Question dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV UPT SDN 33 Pinrang. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV UPT SDN 33 Pinrang Kabupaten Pinrang yang berjumlah 16 siswa, terdiri dari 8 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Learning Start with Question memberikan dampak positif terhadap hasil belajar matematika siswa. Siswa menunjukkan keterlibatan yang lebih aktif dalam proses pembelajaran, pemikiran kritis yang lebih baik dalam mengajukan dan membuat pertanyaan, siswa akan mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang tidak dipahami, saling bertukar pikiran dan pendapat dari pertanyaan yang diajukan sehingga guru akhirnya mengumpulkan pertanyaan tersebut dan menjawabnya sebagai satu kesatuan materi ajar.Dampak dari penerapan metode Learning Start with Question hasil belajar matematika mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Temuan penelitian ini memberikan implikasi bagi pendidik dan dalam pengembangan metode pembelajaran matematika yang lebih efektif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Learning Start with Question dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada kelas IV UPT SDN 33 Pinrang Kabupaten Pinrang. Kata Kunci: Learning Start With A Question, hasil belajar, matematika

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:20
Last Modified: 06 Sep 2023 03:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33929

Actions (login required)

View Item View Item