PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA

MISBAHYANTI AMIR (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA.

[img] Text
Artikel Misbahyanti Amir.pdf

Download (231kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition untuk menumbuhkembangkan kemampuan kerja sama siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Negeri Paccinongang Unggulan Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah PenelitianTindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil observasi dan refleksi yang dilakukan, sikap belajar siswa secara personal maupun interpersonal mempengaruhi proses dan hasil. Pada siklus I ditemukan sikap belajar siswa secara personal yakni siswa tidak memiliki keberanian dan tidak antusias dalam belajar kelompok. Sehingga siswa belum mampu bekerja sama dengan kelompoknya. Secara interpersonal yakni siswa ribut dan memilih-milih teman. Pada siklus II mengalami perbaikan dengan pemberian motivasi dan pemberian tugas yang jelas bagi siswa dalam kelompok, ditemukan sikap belajar siswa secara personal yakni siswa telah berani dan percaya diri untuk tampil presentasi, secara interpersonal yakni, siswa saling kontribusi, bertanggung jawab, dan menghormati pendapat teman dalam mengerjakan tugas kelompok. Dengan penerapan model CIRC ini, kemampuan kerja sama siswa meningkat di setiap siklusnya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition dapat menumbuhkembangkan kemampuan kerja sama siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Paccinongang Unggulan Kabupaten Gowa. Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading Composition, kemampuan kerja sama siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:07
Last Modified: 06 Sep 2023 03:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33928

Actions (login required)

View Item View Item