M.YUSRIL MUSLIMIN (2023) Penerapan Model Examples Non Examples Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Inpres Katangka Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa.
Text
JURNAL M.YUSRIL MUSLIMIN.pdf Download (968kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model examples non examples dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SD Inpres Katangka. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan menulis, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan bersifat kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, dapat disimpulkanpenerapan model examples non examples dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SD Inpres Katangka telah berhasil. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan data dari hasil tes akhir siklus I ketuntasan hasil keterampilan menulis siswa dikategorikan cukup sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu ketuntasan hasil keterampilan menulis siswa dikategorikan baik. Hasil observasi aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan. Pada siklus 1 observasi aktivitas mengajar guru dikategorikan cukup sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu observasi aktivitas mengajar guru dikategorikan baik. Hasil observasi aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus 1 observasi aktivitas belajar siswa dikategorikan cukup sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu observasi aktivitas belajar siswa dikategorikan baik. Kata Kunci : Model examples non examples, Keterampilan menulis
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 02:49 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 02:49 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33927 |
Actions (login required)
View Item |