Penerapan Model Kooperatif Tipe Pair Check Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPA

Mutmainna (2023) Penerapan Model Kooperatif Tipe Pair Check Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPA.

[img] Text
Artikel Mutmainna 1947442020.pdf

Download (510kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini didasari oleh kenyataan di kelas IV SDN 039 Lampa Toa adalah rendahnya hasil belajar peserta didik dalam muatan pelajaran IPA. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipa Pair Check dalam meningkatkan hasil belajar muatan IPA pada peserta didik kelas IV SDN 039 Lampa Toa Sulawesi Barat? Penelitian ini bertujuan untk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran pair check dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas IV SDN 039 Lampa Toa. Fokus penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check dan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kualitas pembelajaran, baik pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar peserta didik serta hasil belajar peserta didik. Hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar peserta didik pada siklus I pertemuan I masih berada pada kategori cukup dan pada pertemuan II berada pada kategori baik, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang berada pada kategori baik. Kata kunci: Kooperatif Tipe Pair Check, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:22
Last Modified: 06 Sep 2023 02:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33924

Actions (login required)

View Item View Item