PENGARUH METODE JOYFULL LEARNING BERBASIS ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS 3 SDN BONTOMAERO 1 KABUPATEN GOWA

MUTHMAINNAH (2023) PENGARUH METODE JOYFULL LEARNING BERBASIS ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS 3 SDN BONTOMAERO 1 KABUPATEN GOWA.

[img] Text
2. ARTIKEL MUTHMAINNAH.pdf

Download (204kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gambar penerapan metode joyfull learning berbasis ice breaking, untuk mengetahui minat belajar IPA setelah menerapkan metode joyfull learning berbasis ice breaking, apakah terdapat pengaruh penerapan metode joyfull learing berbasis ice breaing terhadap minat belajar IPA pada siswa kelas 3 SDN Bontomaero 1 kabupaten Gowa. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas III SDN Bontomaero 1 berjumlah 45 siswa. Sampel yang sebanyak 45 siswa yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan perlakuan metode pembelajaran joyfull learning berbasis ice breaking. Teknik anaisis data yang digunakan yaiu analisis 2 deskriptif dan teknis analiis inferensial. Minat belajar siswa yang diperoleh tanpa menggunakan perlakuan metode berada pada kategori berminat. sedangkan minat belajar siswa menggunakan perlakuan metode yakni sangat berminat. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran joyfull learning berbasis ice breaking terhadap minat belajar siswa mata pelajaran IPA siswa kelas 3 SDN Bontomaero 1 kabupaten Gowa, Gambaran penggunaan metode joyfull learning berbasis ice breaking terhadap minat belajar IPA siswa kelas 3 SDN Bontomaero 1, di kelas eksprimen berlangsung dengan sangat baik karena dapat merangsang siswa untuk lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa, Gambaran minat belajar IPA siswa tanpa diberikan perlakuan metode joyfull learning berbasis ice breaking di kelas control belangsung dengan kategori kurang baik/berminat dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan sangat monoton dengan metode ceramah/tanya jawab. Kata kunci: Metode joyfull learning berbasis ice breaking, Minat belajar, IPA

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:17
Last Modified: 06 Sep 2023 02:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33923

Actions (login required)

View Item View Item