MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V SDN 221 INPRES MALIBA KABUPATEN TANA TORAJA

WAHYUNI (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V SDN 221 INPRES MALIBA KABUPATEN TANA TORAJA.

[img] Text
JURNAL WAHYUNI.pdf

Download (348kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball pada siswa kelas V SDN 221 Inpres Maliba Kabupaten Tana Toraja. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas V SDN 221 Inpres Maliba Kabupaten Tana Toraja. Instrumen pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa. Masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu; tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan, evaluasi, serta refleksi. Data hasil penelitian yang telah diolah dan dianalisis diperoleh keterangan, bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan materi Rumah Adat Di Indonesia Dan Keragaman Pakaian Adat Di Indonesia, dengan diterapkannya model pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwingdi kelas V SDN 221 Inpres Maliba telah mengalami peningkatan terbukti diperoleh data dari hasil pembelajaran siklus I siswa mendapat nilai 70,8 persen. Sedangkan hasil pembelajaran siklus II siswa mendapat nilai 95,8 persen. Data tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Snowball Throwing

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:02
Last Modified: 06 Sep 2023 02:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33921

Actions (login required)

View Item View Item