Penerapan Metode Guided Writing untuk Meningkatkan KeterampilanMenulis Tegak Bersambung Siswa Kelas II SDN 81 Pinrang

RESKY DAMAYANTI MUSTARI (2023) Penerapan Metode Guided Writing untuk Meningkatkan KeterampilanMenulis Tegak Bersambung Siswa Kelas II SDN 81 Pinrang.

[img] Text
02. Artikel 1947041002 Resky Damayanti Mustari.pdf

Download (825kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II SDN 81 Pinrang Kabupaten Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan penerapan metode guided writing dalam meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II SDN 81 Pinrang. Jenis penelitian ini adalah PTK. Subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas II SDN 81 Pinrang dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 11 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik. Hasil keterampilan menulis tegak bersambung siswa pada siklus I dikategorikan belum tuntas dan pada siklus II keterampilan menulis tegak bersambung siswa dikategorikan tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode guided writing dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II SDN 81 Pinrang. Kata Kunci: Metode Guided Writing, Menulis Tegak Bersambung.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:44
Last Modified: 06 Sep 2023 01:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33919

Actions (login required)

View Item View Item