Pengaruh Penerapan Strategi Know-Want To Know-Learned Terhadap Keterampilan MembacaPemahaman Siswa Kelas V SDN MACCINI Kota Makassar

ARMA (2023) Pengaruh Penerapan Strategi Know-Want To Know-Learned Terhadap Keterampilan MembacaPemahaman Siswa Kelas V SDN MACCINI Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL ARMA.pdf

Download (467kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di SDN Maccini kota makassar yaitu rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan strategi know-want to know�learned kelas V SDN Maccini Kota Makassar, (2) untuk mengetahui gambaran keterampilan membaca pemahaman siswa SDN Maccini Kota Makassar, (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi know-want to know-learned terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Maccini Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk quasi eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Varibael bebas penelitian ini yaitu strategi know-want to know-learned dan variabel terikatnya yaitu keterampilan membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen (VB) dan kelas kontrol (VA), teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data antara lain lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data yaitu pretest, pemberian treatment, dan posttest kemudian dianalisis secara statistic deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan program IMB SPSS statistics version. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi know-want to know-learned berjalan dengan baik. (2) keterampilan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan strategi know-want to know�learned menunjukkan adanya perbedaan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest keterampilan membaca pemahaman siswa dari kategori kurang menjadi sangat baik. (3) terdapat pengaruh penerapan strategi know-want to know-learned terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Maccini Kota Makassar. Kata Kunci: Strategi Know-Want To Know-Learned Keterampilan Membaca Pemahaman

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:20
Last Modified: 06 Sep 2023 01:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33917

Actions (login required)

View Item View Item