penerapan pembelajaran kontekstual berbasis Outing Class untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SD Inpres 117 Buludoang Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto

Juslaini (2023) penerapan pembelajaran kontekstual berbasis Outing Class untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SD Inpres 117 Buludoang Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto.

[img] Text
Jurnal_Juslaini.pdf

Download (685kB)

Abstract

Juslaini, 2022. penerapan pembelajaran kontekstual berbasis Outing Class untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SD Inpres 117 Buludoang Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Jurusan Pendidikaan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Nurhaedah dan Erma Suryani Sahabuddin) Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengatahui penerapan pembelajaran kontekstual berbasis Outing Class untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SD Inpres 117 Buludoang Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto.. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus kegiatan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kontekstual berbasis Outing Class untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SD Inpres 117 Buludoang Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 21 orang. Pengumpulan data menggunakan format observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran pada penerapan pembelajaran kontekstual berbasis outing class baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat berada pada kategori baik dari presentase ketuntasan hasil belajar siswa dan penerapan media pembelajaran kontekstual berbasis outing class dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:15
Last Modified: 05 Sep 2023 02:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33914

Actions (login required)

View Item View Item