Pengaruh Penerapan Pembelajaran Strategi Pembelajaran PQ4R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 32 Barru

Tyara Pratiwi S (2023) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Strategi Pembelajaran PQ4R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 32 Barru.

[img] Text
ARTIKEL TYARA PRATIWI S.pdf

Download (290kB)

Abstract

Tyara Pratiwi S. 2022. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Strategi Pembelajaran PQ4R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 32 Barru. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Faisal dan Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien) Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Gambaran penerapan strategi pembelajaran PQ4R kelas V UPTD SD Negeri 32 Barru, (2) Kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V UPTD SD Negeri 32 Barru, dan (3) Pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran PQ4R terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V UPTD SD Negeri 32 Barru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu Quasi Experimental Design dengan tahap pretest, treatment, dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V UPTD SD Negeri 32 Barru sebanyak 48 siswa sedangkan sampelnya adalah sebanyak 24 siswa di kelas eksperimen dan 24 di kelas kontrol, pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes pilihan ganda pada materi pentingnya air dalam kehidupan berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan analisis data deskriptif dan analisis data inferensial, yakni uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan jenis Independent Samples Test. Variabel bebas penelitian ini adalah strategi pembelajaran PQ4R dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran penerapan strategi pembelajaran PQ4R terlaksana sesuai dengan langkah-langkah strategi pembelajaran PQ4R yakni preview, question, read, reflect, recite, dan review. Salah satu kegiatan yang dilakukan ialah guru mengarahkan siswa menemukan ide pokok serta kalimat utama dalam bacaan. Gambaran penelitian tentang kemampuan membaca pemahaman pada kelas kontrol dalam kategori baik dan pada kelas eksperimen dalam kategori sangat baik. Siswa dapat menemukan informasi dengan membaca secara detail bahan bacaan hingga menghubungkan informasi tersebut dengan kehidupan sehari-hari. Uji independent sample t-test dari skor pretest dan posttest diperoleh hasil sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran PQ4R terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V UPTD SD Negeri 32 Barru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Sep 2023 02:05
Last Modified: 01 Sep 2023 02:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33907

Actions (login required)

View Item View Item