Hubungan Pemberian Hadiah dan Hukuman Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Biringkaloro Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa

Annisa Rahmadani (2023) Hubungan Pemberian Hadiah dan Hukuman Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Biringkaloro Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.

[img] Text
Artikel-Annisa Rahmadani-1947041018.pdf

Download (765kB)

Abstract

Annisa Rahmadani, 2023. Hubungan Pemberian Hadiah dan Hukuman Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Biringkaloro Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Dra. St. Nursiah B. M.Pd selaku pembimbing I , dan Dr. Andi Makkasau. M.Si selaku pembimbing II . Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pemberian hadiah dan hukuman terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Biringkaloro Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana gambaran pemberian hadiah dan hukuman. Bagaimana gambar motivasi belajar siswa dan apakah terdapat hubungan pemberian hadiah dan hukuman terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Biringkaloro, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemberian hadiah dan hukuman sedangkan variabel terikat adalah motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Biringkaloro, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa yang terdiri dari tiga kelompok kelas, sedangkan penentuan sampelnya menggunakan total sampling yakni dengan jumlah sampel seluruh kelas V SD Negeri Biringkaloro yang berjumlah 82 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan membagikan angket hadiah, hukuman dan angket motivasi belajar kepada siswa. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil statistik deskriptif diperoleh dari hasil pembagian angket hadiah dan hukuman, serta angket motivasi belajar dengan data berupa tabel distribusi. Hasil analisis statistik inferensial dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji Korelasi Pearson Product Moment. Hasil statistic deskriptif menunjukkan bahwa pemberian hadiah dan hukuman di kelas V dengan kategori baik serta dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian hadiah dan hukuman terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Biringkaloro, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa dengan tingkat hubungan yang sangat kuat

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Sep 2023 01:57
Last Modified: 01 Sep 2023 01:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33905

Actions (login required)

View Item View Item