Pengaruh Metode Pemberian Tugas terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres Pajjaiang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar

Nur Asura Sadillah Pengaruh Metode Pemberian Tugas terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres Pajjaiang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

[img] Text
Artikel Nur Asura Sadillah.pdf

Download (616kB)

Abstract

Nur Asura Sadillah, 2022. Pengaruh Metode Pemberian Tugas terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres Pajjaiang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidkan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakutas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Faisal dan Khaerunnisa) Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan gambaran pelaksanaan metode pemberian tugas terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Pajjaiang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar, (2) mendeskripsikan motivasi belajar IPA siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Pajjaiang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar, dan (3) mengatahui pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode pemberian tugas terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Pajjaiang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu Quasi Experimental Design berbentuk Non Equivalent Control Group Design dengan tahap pre angket, treatment, dan post angket. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pemberian tugas, sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar IPA siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Pajjaiang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar yang berjumlah 66 orang siswa, sedangkan sampelnya adalah 50 orang 25 siswa dari kelas eksperimen dan 25 siswa dari kelas kontrol. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan pre angket dan post angket serta lembar observasi keterlaksanaan metode pemberian tugas. Teknik analisis data yang digunakan dengan melakukan pengujian hipotesis menggunakan t-test dengan jenis Independent Sample Test. Berdasarkan lembar observasi keterlaksanaan metode pemberian tugas dapat disimpulkan bahwa proses pembelarajan menggunakan metode pemberian tugas berlangsung dengan sangat efektif. Berdasarkan angket motivasi belajar IPA motivasi belajar di kelas eksperimen sebelum diberikan treatment berada pada kategori sedang, setelah diberikan treatment berada pada kategori tinggi sedangkan motivasi belajar IPA siswa pada kelas kontrol sebelum dilakukan pembelajaran konvensional berada pada kategori sedang, setelah dilakukan pembelajaran konvensional berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis satistik inferensial atau uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pemberian tugas berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Pajjaiang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Sep 2023 01:24
Last Modified: 01 Sep 2023 01:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33904

Actions (login required)

View Item View Item