Pengembangan Buku Digital Pendidikan Karakter untuk Siswa Kelas VIII SMPIT Al-Hikmah Pangkajene

Sitti Arifah (2023) Pengembangan Buku Digital Pendidikan Karakter untuk Siswa Kelas VIII SMPIT Al-Hikmah Pangkajene.

[img] Text
58633-138771-1-PB.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sitti Arifah 2022. Pengembangan Buku Digital Pendidikan Karakter untuk Siswa Kelas VIII SMPIT Al-Hikmah Pangkajene. Skripsi. Dosen Pembimbing Dr. Arnidah, S.Pd., M.Si dan Dr. H. Abd. Haling., M.Pd Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan sebuah buku digital untuk digunakan sebagai sumber belajar di kelas VIII SMPIT AlHikmah Pangkajene dikarenakan pada mata pelajaran pendidikan karakter tersebut guru mata pelajaran membutuhkan sumber belajar yang terdiri dari gambar, video, dan audio yang memungkinkan siswa mengaksesnya saat di sekolah dan di rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) dan dikembangkan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Development, Disseminate). Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan tingkat kebutuhan terhadap Buku Digital Pendidikan Karakter untuk Siswa kelas VIII SMPIT AlHikmah Pangkajene, 2) Mendeskripsikan Desain pengembangan Buku Digital Pendidikan Karakter untuk Siswa kelas VIII SMPIT Al-Hikmah Pangkajene, 3) Mendeskripsikan tingkat validitas dan kepraktisan Buku Digital Pendidikan Karakter untuk Siswa kelas VIII SMPIT Al-Hikmah Pangkajene. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al-Hikmah Pangkajene. Subjek dalam penelitian ini yaitu 2 orang validator yaitu, validator isi dan media. Siswa kelas VIII dan 1 orang Guru Mata Pelajaran Pendidikan Karakter SMPIT Al-Hikmah Pangkajene. Pengumpulan data menggunakan angket mendapatkan tingkat kebutuhan siswa terhadap Buku Digital Pendidikan Karakter sebesar 84% dengan kualifikasi sangat dibutuhkan dan angket tingkat kebutuhan guru mata pelajaran terhadap buku digital Pendidikan karkakter sebesar 80% dan berada pada kualifikasi dibutuhkan. Desain pengembangan buku digital dibuat menggunakan aplikasi CorelDraw dan Flipbook PDF Professional. Adapun hasil validasi isi berada pada tingkat 100 % dan validasi media 91% yang berada pada kualifikasi sangat baik. Uji coba kepraktisan dilakukan dua sasaran pengguna yaitu respon siswa terhadap Buku Digital Pendidikan Karakter yang mendapatkan hasil 84% dan berkualifikasi baik. Tanggapan guru mata pelajaran mendapat hasil 96% dan berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa buku digital pendidikan karakter sudah valid dan praktis.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Aug 2023 06:24
Last Modified: 31 Aug 2023 06:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33901

Actions (login required)

View Item View Item