Efektivitas Media Komik Digital Tentang Aku untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Seks Edukasi di UPT SD Negeri 12 Makale di Tana Toraja. Skripsi. Prodi Teknologi Pendidikan

Lastri (2023) Efektivitas Media Komik Digital Tentang Aku untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Seks Edukasi di UPT SD Negeri 12 Makale di Tana Toraja. Skripsi. Prodi Teknologi Pendidikan.

[img] Text
Article Lastri 43054-107557-1-PB.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lastri, 2022. Efektivitas Media Komik Digital Tentang Aku untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Seks Edukasi di UPT SD Negeri 12 Makale di Tana Toraja. Skripsi. Prodi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Dr. Citra Rosalyn Anwar, S.Sos., M.Si dan Dr. Farida Febriati, S.SS., M.Si) Seks edukasi masih jarang dilakukan khususnya di sekolah, karena seks edukasi masih dianggap sebagai hal yang tabu untuk diberikan kepada siswa sekolah dasar. Banyaknya kasus kekerasan seksual yang terjadi sehingga perlu diberikannya pemahaman tentang pendidikan seks bagi anak usia dini menggunakan media yang tepat agar tidak terjadi perilaku-perilaku menyimpang baik yang berasal dari anak sendiri maupun orang lain. Pembelajaran di SDN 12 Makale hanya menggunakan buku pelajaran saja yang menyebabkan siswa kurang tertarik pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media komik digital Tentang Aku untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang seks edukasi di UPT SDN 12 Makale di Tana Toraja. Komik tentang aku terdiri dari tiga seri yakni (1) Aku dan Tubuhku, (2) Aku dan Pakaianku dan (3) Aku dan Tontonanku. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode preExperimental Design yakni Pretest-Posttest Design, dengan metode pengumpulan data yakni melalui wawancara,angket/kuosioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 12 Makale di Tana Toraja yang terdiri dari 2 kelas yakni kelas Va dan Vb dengan jumlah keseluruhan yakni 33 orang. Dimana siswa laki-laki berjumlah 19 orang dan perempuan berjumlah 14 orang. Sampel dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas Vb yang berjumlah 15 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Analasis data menggunakan statistik deskriptif, Uji N-Gain dan uji normalitas datanya menggunakan metode Kolmogorov-Smirnov. Hasil analisis data deskriptif menunjukan komik seri 1 mengalami peningkatan sebesar 7%, seri 2 sebesar 40%, dan seri 3 sebesar 20% hasil penelitian ini menunjukan bahwa media komik digital Tentang aku efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang seks edukasi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Aug 2023 06:21
Last Modified: 31 Aug 2023 06:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33900

Actions (login required)

View Item View Item