KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI PASIR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 BULUKUMBA

Satriya Salam, Evelina (2015) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI PASIR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 BULUKUMBA. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel.docx

Download (28kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan menulis teks cerpen dengan menggunakan media animasi pasir siswa kelas VII SMP Negeri 9 Bulukumba. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen murni atau true experiment. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas VII yang berjumlah 96 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak dengan teknik penentuan sampel yaitu simple random sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas VIIc sebagai kelas eksperimen dan kelas VIId sebagai kelas kontrol. Data instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes menulis teks cerpen dengan teknik pengumpulan data yaitu pemberian tes tertulis. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) penggunaan media animasi pasir siswa kelas VIIc SMP Negeri 9 Bulukumba dalam pembelajaran menulis teks cerpen berada pada kategori baik karena seluruh siswa mampu mencapai KKM yang ditetapkan (berada di atas KKM sebanyak 100% atau 24 orang siswa dari jumlah keseluruhan). 2) penggunaan media gambar siswa kelas VIId SMP Negeri 9 Bulukumba dalam pembelajaran menulis teks cerpen berada pada kategori cukup (siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas dicapai sebanyak 3 orang siswa atau 12,5% dan nilai 75 ke bawah dicapai 21 orang siswa atau 87,5%). 3) terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan media animasi pasir dan media gambar dalam pembelajaran menulis teks cerpen. Hal ini ditunjukkan pada hasil analisis inferensial jenis uji-t paired sample test dan diperoleh nilai thitung sebesar 14,683 sedangkan nilai ttabel sebesar 2,0686. Jadi berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa thitung ≥ ttabel atau 14,683 ≥ 2,0686. Ini berarti secara signifikan H1 diterima atau penggunaan media animasi pasir efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 9 Bulukumba. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan yaitu 1) pembelajaran menulis khususnya menulis teks cerpen sebaiknya dilaksanakan dengan berbagai variasi, salah satunya dengan menggunakan media animasi pasir. Media animasi pasir merupakan media yang efektif untuk digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerpen. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti. 2) bagi siswa diharapkan aktif mengikuti pembelajaran menulis dan lebih giat melakukan latihan menulis teks cerpen. 3) para praktisi atau peneliti di bidang pendidikan dan bahasa dapat menggunakan penelitian ini sebagai bahan rujukan untuk melakukan penelitian yang lain sehingga didapatkan berbagai alternatif strategi pembelajaran. Kata Kunci: keefektifan, media anmasi pasir, teks cerpen

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Oct 2017 01:03
Last Modified: 14 Mar 2018 03:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3390

Actions (login required)

View Item View Item