Peran Pendidik dalam Memfasilitasi Perkembangan Emosional Anak Usia Dini di Kelompok Bermain (KB) Bina Permata Insani Kecamatan Penajam Kalimantan Timur

SITI AISYAH (2023) Peran Pendidik dalam Memfasilitasi Perkembangan Emosional Anak Usia Dini di Kelompok Bermain (KB) Bina Permata Insani Kecamatan Penajam Kalimantan Timur.

[img] Text
Jurnal Siti Aisyah.pdf

Download (206kB)

Abstract

SITI AISYAH, 2023. Peran Pendidik dalam Memfasilitasi Perkembangan Emosional Anak Usia Dini di Kelompok Bermain (KB) Bina Permata Insani Kecamatan Penajam Kalimantan Timur. Jurusan Program Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhaemin B dan Suardi) Penelitian ini menganalisis tentang peran pendidik dalam memfasilitasi perkembangan emosional anak usia dini di Kelompok Bermain (KB) Bina Permata Insani Kecamatan Penajam Kalimantan Timur. Fokus masalah ini adalan peran pendidik dalam memfasilitasi perkembangan emosional anak usia dini di Kelompok Bermain (KB) Bina Permata Insani Kecamatan Penajam Kalimantan Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pendidik dalam memfasilitasi perkembangan emosional anak usia dini di Kelompok Bermain (KB) Bina Permata Insani Kecamatan Penajam Kalimantan Timur. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala KB Bina Permata Insani dan pendidik KB Bina Permata Insani Kecamatan Penajam Kalimantan Timur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis reduksi data, display data dan verifikasi data. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik memainkan peran penting dalam memfasilitasi perkembangan emosional anak usia dini dengan perannya sebagai mediator, fasilitator, evaluator dan peran pendidik sebagai motivator. Peran pendidik di KB Bina Permata Insani dalam memfasilitasi perkembangan emosional anak adalah selalu membimbing, memotivasi dan memupuk emosi peserta didik dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif didalam maupun diluar kelas. Selain itu, dengan menggunakan area yang cukup sering digunakan untuk operasional sekolah. Kunci untuk mengembangkan perkembangan emosional anak adalah membiasakan mereka dengan nilai moral yang baik. Selain itu, penilaian untuk anak usia dini sebaiknya dilakukan melalui pendekatan yang positif, seperti menilai minat mereka dan memberikan kegiatan yang menarik bagi mereka. Dengan menjalankan perannya dengan baik maka peserta didik yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran akan mudah dalam mengikuti proses pembelajaran yang dilakukan oleh para pendidik. Oleh karena itu peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan ke empat peran tersebut sangat dirasakan oleh para peserta didik dan sangat membantu dalam menyelesaikan kesulitan yang mereka hadapi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:52
Last Modified: 31 Aug 2023 03:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33898

Actions (login required)

View Item View Item