PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

NUR ALIM (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR.

[img] Text
90-Article Text-216-1-2-20220702.pdf

Download (336kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh moodel pembelajaran means ends analysis (MEA) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik kelas IV sekolah dasar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran means ends analysis (MEA), sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV UPT SPF SD Inpres Cambaya 1 Kecamatan Tallo Kota Makassar yang terdiri 38 Peserta didik, kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel yang dilakukan yaitu menggunakan teknik penarikan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian yang dilaksanakan berdasarkan lembar obervasi diperoleh pengaruh penerapan model pembelajaran means ends analysis (MEA) secara umum terlaksana dengan baik, hak ini terlihat persentase setiap pertemuan. Pertemuan I 88% dengan kategori baik, sedangkan pertemuan II 90, 63% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriprif diperoleh nilai rata (mean) pretest pada kelas eksperimen sebesar 22,95 kemudian nilai rata-rata posttest sebesar 77,95, hal ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dengan penerapan model pembelajaran means ends analysis (MEA). Berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pengaruh penerapan model pembealajaran means ends analysis (MEA) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Kata Kunci : model pembelajaran means ends anlysis (mea) dan kemampuan berpikir kritis matematika

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:01
Last Modified: 31 Aug 2023 03:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33893

Actions (login required)

View Item View Item