Manajemen Kegiatan Eksrakurikuler dalam Meningkatkan Bakat dan Minat Peserta Didik di SMA Negeri 2 Gowa, Kab.Gowa

Nurul Fadilah Rhamadani (2023) Manajemen Kegiatan Eksrakurikuler dalam Meningkatkan Bakat dan Minat Peserta Didik di SMA Negeri 2 Gowa, Kab.Gowa.

[img] Text
JURNAL NURUL FADILAH RHAMADANI PDF.pdf

Download (262kB)

Abstract

Nurul Fadilah Rhamadani, 2022. Manajemen Kegiatan Eksrakurikuler dalam Meningkatkan Bakat dan Minat Peserta Didik di SMA Negeri 2 Gowa, Kab.Gowa, Skripsi dibimbing oleh Dr. Muhammad Ardiansyah, S.IP, M.Pd dan Irmawati S.Pd, M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan bakat dan minat siswa yang ada di SMAN 2 Gowa dan faktor pendukung serta penghambat dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan penelitian pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan secara langsung di SMA Negeri 2 Gowa dengan menggunakan catatan lapangan,dan kamera untuk dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Pengumpulan data di lakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan keputusan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Gambaran manajemen kegiatan ekstrakurikuler dibagi menjadi 3 bagian yang difokuskan pada (a) Perencanaan manajemen ekstrakurikuler diantaranya mengadakan rapat sebulan sekali guna untuk menyusun rencana kegiatan ekstrakurikuler di sekolah serta osis rutin mengumpulkan dana dengan cara kreatif untuk mendapatkan dana kegiatan ekstrakurikuler, (b) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pada hari libur, guru yang ditunjuk menjadi Pembina ekstrakurikuler sudah sesuai dengan kemampuan membina dibidangnya masing-masing. (c) Penilaian, diantaranya guru pembina memberikan penilaian pada akhir pelatihan tiap minggunya, berbeda dengan ekstrakurikuler pramuka wajib tiap satu kali persemester (2) faktor yang menjadi pendukung dalam manajemen kegiatan ekstrakurikuler yaitu antusias siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler serta dukungan dan semangat yang di berikan oleh kepala sekolah, guru serta para alumni. Dan faktor penghambatnya yaitu dana yang tidak cukup dari sekolah untuk memenuhi setiap organisasi baik itu intra maupun ekstrakurikuler di sekolah

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:04
Last Modified: 31 Aug 2023 03:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33892

Actions (login required)

View Item View Item