PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V UPT SPF SD NEGERI SIPALA II KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR

NUHRI NUR (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V UPT SPF SD NEGERI SIPALA II KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Phinisi Nuhri Nur.pdf

Download (456kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Artikulasi untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V UPT SPF SD Negeri Sipala II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitiannya yaitu penerapan model pembelajaran Artikulasi untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 di UPT SPF SD Negeri Sipala II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Berdasarkan hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I dikategorikan cukup dan pada siklus II dikategorikan baik. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup dan meningkat pada hasil observasi siklus II menjadi kategori baik. Berdasarkan hal tersebut, nilai tes keterampilan berbicara siswa meningkat, dari siklus I berada dalam kategori cukup, dimana terdapat 9 siswa dikategorikan tuntas dan 5 siswa dikategorikan tidak tuntas. Kemudian meningkat pada siklus II berada pada kategori baik, dimana terdapat 12 siswa dikategorikan tuntas dan 2 siswa dikategorikan tidak tuntas. Kesimpulan hasil penelitian dan pembahasan ini bahwa penerapan model pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V UPT SPF SD Negeri Sipala II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Kata Kunci: Model pembelajaran Artikulasi, keterampilan berbicara

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:54
Last Modified: 31 Aug 2023 02:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33891

Actions (login required)

View Item View Item