ANALISIS KEGIATAN PENGAWASAN MANAJERIAL PENGAWAS SEKOLAH SMA DI KABUPATEN MALUKU TENGGARA

Savsavubun, Wilhelmina (2016) ANALISIS KEGIATAN PENGAWASAN MANAJERIAL PENGAWAS SEKOLAH SMA DI KABUPATEN MALUKU TENGGARA. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (31kB)

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kegiatan pemantauan, penilaian dan pembinaan dalam pengawasan manajerial pengawas Sekolah SMA di Kabupaten Maluku Tenggara. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pengawas, kepala sekolah dan tenaga kependidikan lainnya di SMA Kabupaten Maluku Tenggara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pemantauan dalam pengawasan manajerial belum maksimal disebabkan oleh pemantauannya secara umum saja, tidak berkesinambungan dan tidak detail. Secara umum untuk kegiatan penilaian juga belum maksimal, hal ini disebabkan oleh penilaian yang dilakukan hanya terfokus pada hal sifatnya akademik saja. Pada dimensi pembinaan secara umum sudah baik, hanya saja hal yang perlu duperbaiki adalah pembinaan pengawas dalam hal penyelggaran kegiatan sekolah cenderung pengawas tidak dilibatkan. Kata Kunci: Pengawas, Pengawasan Managerial Abstract The study aims at examining the result of monitoring activity, assessment, and development in managerial supervision of schools supervisors at senior high schools in Southeast Maluku district. This study is qualitative research. The subjects of the study are the supervisors, the principals, and teachers at senior high schools in Southeast Maluku district. Data is collected through interview, observation, and documentation. Data analysis used is qualitative analysis by employing data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The result of the study reveals that the monitoring activity in managerial supervision has yet maximal due to general monitoring, unsustainable, and not in detail. In general, the assessment activity is yet maximal as well due to the assessment conducted is focused merely on academic matters. In terms of development dimension, it is good in general. The only matter for the remedy of development in managerial supervision is the supervisors are not involved. Key Words: Supervisor, Managerial Supervision

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Oct 2017 01:13
Last Modified: 27 Oct 2017 01:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3389

Actions (login required)

View Item View Item