Peran Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter di SDN 007 Sidodadi Kabupaten Polewali Mandar

FEBITRI HANDANI (2023) Peran Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter di SDN 007 Sidodadi Kabupaten Polewali Mandar.

[img] Text
5 JURNAL.pdf

Download (203kB)

Abstract

FEBITRI HANDANI, 2022. Peran Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter di SDN 007 Sidodadi Kabupaten Polewali Mandar, Skripsi dibimbing oleh Dr. Muhammad Ardiansyah, S. IP., M.Pd dan Drs. Andi Mappincara, M. Pd. ; Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang peran kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SDN 007 Sidodadi Kabupaten Polewali Mandar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dan faktor pendukung serta penghambat di SDN 007 Sidodadi Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 007 Sidodadi Kabupaten Polewali Mandar. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan orangtua siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kepala sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter menerapkan sistem pengelolaan sekolah yang berlandaskan pada Visi dan Misi sekolah yang berfokus pada pendidikan karakter, Kepala sekolah dalam menjalankan perannya sebagai pengelola program pembelajaran mengadakan pelatihan untuk guru- guru dalam rangka pembaruan pembelajaran yang lebih efektif dan kreatif (2) faktor pendukung keberhasilan implementasi pendidikan karakter yaitu: kerja sama komponen sekolah, adanya keterbukaan dan responsibel dan faktor penghambatnya yaitu: siswa yang belum atau masih lalai dalam menerapkan nilai- nilai karakter, tidak semua orangtua siswa berperan aktif.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:42
Last Modified: 31 Aug 2023 02:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33887

Actions (login required)

View Item View Item