Implementasi Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SD Negeri Tidung Kota Makassar

Nur Innah (2023) Implementasi Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SD Negeri Tidung Kota Makassar.

[img] Text
Nur Innah-Implementasi program Supervisi Akademik-Jurnal.pdf

Download (428kB)

Abstract

Nur Innah, 2023, Implementasi Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SD Negeri Tidung Kota Makassar. Prof. Dr. H. Ismail Tolla. M.Pd dan Hasan, S.Pd.I., M.Pd selaku pembimbing skripsi jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang implementasi program supervisi akademik kepala sekolah di SD Negeri Tidung Kota Makassar. Fokus penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan tindaklanjut supervisi akademik kepala sekolah. Penelitian ini bermaksud mengetahui skema supervisi kepala sekolah terkait akademik di SD Negeri Tidung Kota Makassar terkait pelaksanaan rencanayang telah dibuat sampai dengan tindak lanjutnya. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dokumentasi wawancara dan observasi dilakukan untuk pengumpulan data. Guru mata pelajaran, wali kelas dan kepala sekolah menjadi sumber data observasi dan wawancara. Tahapan analisis data terakhir adalah penarikan kesimpulan yang diawali dengan reduksi data dari data yang disajikan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa, (1) tahap perencanaan supervisi akademik kepala sekolah SD Negeri Tidung Kota Makassar dimulai dengan rapat tim supervisi untuk penyusunan rancangan supervisi akademik program awal semester atau awal tahun di sekolah dan menyesosialisasikan program supervisi akademik kepala sekolah melalui rapat. (2) pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah yaitu pra-observasi yang dilakukan secara langsung untuk melihat kesiapan guru. Observasi langsung di kelas saat guru sedang melaksanakan proses belajar mengajar, serta pengecekan kelengkapan administrasi. Fase pasca-observasi meliputi pertemuan umpan balik dan pemeriksaan data yang diamati untuk kelemahan. 3) supervisi akademik tindak lanjut, yang mencakup pemberian bimbingan, arahan, dan saran kepada guru melalui pertemuan guru atau pertemuan pribadi dan pelatihan kepada guruguru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:37
Last Modified: 31 Aug 2023 02:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33884

Actions (login required)

View Item View Item