Pengaruh Penggunaan Media Blends Clip Cards Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Watansoppeng

Adriani Safitri (2023) Pengaruh Penggunaan Media Blends Clip Cards Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Watansoppeng.

[img] Text
artikel ADRIANI SAFITRI.pdf

Download (552kB)

Abstract

Adriani Safitri, 2022, Pengaruh Penggunaan Media Blends Clip Cards Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Watansoppeng. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (Dibimbing Oleh Andi Sri Wahyuni Asti dan Sitti Nurhidayah Ilyas). Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen bertujuan untuk mengetahui gambaran kemempuan membaca permulaan anak pada anak usia 5-6 tahun melalui media Blends Clip Cards sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan dan untk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Penggunaan Media Blends Clip Cards Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Watansoppeng.Variabel bebas dalam penelitian ini ialah media Blends Clip Cards variabel terikatnya ialah Kemampuan Membaca Permulaan. Populasi dalam penelitian ini ialah kelompok B di TK Negeri Pembina Watansoppeng. pengembilan sampel dalam penelitian ini ialah Purpsive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 orang anak. 6 orang anak sebagai kelompok eksperimen dan 6 orang anak dikelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik. Hasil analisis data yang diperoleh. Asym (2-tailed) = 0,027 < 0,05 H1 diterima dan H0 ditolak artinya kemampuan membaca permulaan pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, ini membuktikan media Blends Clip Cards memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:27
Last Modified: 31 Aug 2023 02:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33882

Actions (login required)

View Item View Item