Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD 223 Inpres Tangkuru Kabupaten Maros

SELVIA DEWI LUSIANA (2023) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD 223 Inpres Tangkuru Kabupaten Maros.

[img] Text
Artikel_Selvia Dewi Lusiana.docx

Download (57kB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi dengan permasalahan bahwa pada sekolah yang diteliti siswa kurang tertarik dengan metode yang diberikan guru yang cenderung menoton sehingga membuat siswa merasa bosan dan kurang perhatian. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III di SD 223 Inpres tangkuru sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran powtoon dan mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran powtoon terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SD 223 Inpres Tangkuru. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SD 223 Inpres Tangkuru berjumlah 178 siswa. Sampel dalam penelitian dipilih dengan menentukan IIIA sebagai kelas kontrol dan IIIB sebagai kelas eksperimen. Tekhnik analisis data adalah cara yang digunakan untuk membuktikan hipotesis. Pada penelitian ini, tekhnik analisi data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan penggunaan media pembelajaran powtoon pada pertemuan pertama berjalan efektif dengan persentase 45% dan pada pertemuan kedua berjalan sangat efektif dengan presentase 100% pelaksanaan dengan menggunakan media powtoon berlangsung sangat baik dikarenakan presentase kategori pertemuan pertama dan kedua meningkat. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan nilai probabilitas sebesar 0,001<0,05 sehingga dapat ditarek kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan media pembelajaran powtoon terhadap hasil belajar siswa kelas III SD 223 Inpres Tangkuru. Data dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi kemudian dianalisis secara deksriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas III pada muatan Bahasa Indonesia antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran powtoon terhadap hasil belajar siswa kelas III pada muatan Bahasa Indonesia. Kata Kunci : Media Pembelajaran Powtoon, Hasil Belajar, Siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:22
Last Modified: 31 Aug 2023 02:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33877

Actions (login required)

View Item View Item