Pengaruh Bermain Kolase Dengan Biji-Bijian Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B Di TK Insan Cemerlang.

Biduara Juliarti (2023) Pengaruh Bermain Kolase Dengan Biji-Bijian Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B Di TK Insan Cemerlang.

[img] Text
ARTIKEL JECER BIDUARA JULIARTI.pdf

Download (478kB)

Abstract

Biduara Juliarti. 2021. Pengaruh Bermain Kolase Dengan Biji-Bijian Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B Di TK Insan Cemerlang. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Rusmayadi dan Parwoto) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bermain kolase dengan biji-bijian terhadap ketera mpilan motorik halus anak pada kelompok B di TK Insan Cemerlang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, dan jenis eksperimen yang digunakan adalah quasi experimental dengan jenis nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak didik kelompok B TK Insan Cemerlang yang berjumlah 60 anak. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 12 anak, 6 anak sebagai kelompok eksperimen dan 6 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan teknik analisis stastistik deskriptif dan teknik statistik nonparametrik dengan menggunakan uji beda Wilcoxon signed rank test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulakan bahwa ada pengaruh bermain kolase dengan biji-bijian terhadap keterampilan motorik halus anak pada kelas eksperimen dengan perolehan nilai Thitung yang diperoleh yaitu 24 dan Ttabel 2,228 maka diperoleh Thitung 26 > Ttabel 2,228 = H0 ditolak dan H1 diterima artinya ada pengaruh kegiatan bermain kolase dengan biji-bijian terhadap peningkatan keterampilan motorik halus anak usia pada kelompok B TK Insan Cemerlang. Sedangkan nilai Zhitung yang diperoleh yaitu 2,83 dan Ztabel yaitu 0,4978 maka diperoleh Zhitung 2,83 > Ztabel 0,4978 = H0 ditolak dan H1 diterima artunya ada pengaruh kegiatan bermain kolase dengan biji-bijian terhadap peningkatan keterampilan motorik halus anak usia pada kelompok B TK Insan Cemerlang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:11
Last Modified: 31 Aug 2023 02:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33874

Actions (login required)

View Item View Item