Penggunaan Media Pembelajaran Tangram Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III UPT SPF SDI Malengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar

ARYANTI NURSAPITRI (2023) Penggunaan Media Pembelajaran Tangram Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III UPT SPF SDI Malengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar.

[img] Text
Artikel Aryanti NurSapitri.pdf

Download (518kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran Tangram untuk meningkatkan hasil belajar belajar matematika siswa di kelas III UPT SPF SDI Malengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar. Fokus penelitian ini adalah penggunaan media tangram dan hasil belajar matematika siswa. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas III UPT SPF SDI Malengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar yang berjumlah 23 orang pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observer, tes dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian yang dicapai pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup dan pada siklus kedua mengalami peningkatan menjadi kategori baik. Pada siklus I aktivits belajar siswa berada dalam kategori cukup dan pada siklus II aktivtas belajar siswa berada dalam kategori baik. Sejalan dengan hal tersebut, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi kategori baik. berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran tangram dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III UPT SPF SDI Malengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar telah berhasil. Kata Kunci: Media Pembelajaran Tangram, Hasil Belajar Matematika Siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:09
Last Modified: 31 Aug 2023 02:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33873

Actions (login required)

View Item View Item