PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN (SBdP) KELAS III SDNNO.51BIRANGLOE KABUPATEN JENEPONTO

SRI WAHYUNI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN (SBdP) KELAS III SDNNO.51BIRANGLOE KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
JURNAL SRI WAHYUNI.pdf

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang diantaranya melihat pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas III khususnya pada mata pelajaran SBdP. Masalah yang ditemukan, antara lain: (1) Bagaimana gambaran penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar pada mata pelajaran SBdP di kelas III (2) Bagaimanakah Gambaran Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SBdP Kelas III dan (3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar pada mata pelajaran SBdP di kelas III. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui gambaran penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar pada mata pelajaran SBdP siswa kelas III (2) Mengetahui Gambaran Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SBdP DI Kelas III dan (3) mengetahui terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar pada mata pelajaran SBdP kelas III. Materi yang dibahas peneliti adalah pembahasan tentang media pembelajaran,media audio visual, media video pembelajaran, belajar dan hasil belajar, serta pembelajaran SBdP di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen bentuk quasi eksperimental design. Desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Sampel ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan bentuk Sampling Purposive. Prosedur pengumpulan data terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir. Teknik pengumpulan data antara lain tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Instrument penelitian yaitu lembar observasi dan tes. Teknik analisis data terdiri dari analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. Kesimpulan Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa : (1) kegiatan pembelajaran dengan penggunaan media audio visual (video pembelajaran) berlansung dengan baik, dan (2) terdapat pengaruh terhadap hasil belajar SBdP terhadap penggunaan media audio visual.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Aug 2023 01:41
Last Modified: 31 Aug 2023 01:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33871

Actions (login required)

View Item View Item