PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV UPT SPF SDN 165 BIRA KABUPATEN BULUKUMBA

IRAYANTI (2023) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV UPT SPF SDN 165 BIRA KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
ARTIKEL NURUL FADHILA NELLY docx.pdf

Download (226kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan matematika realistic (pmr). Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan siswa kelas IV UPT SPF SDN 165 Bira Kabupaten Bulukumba sebanyak 17 siswa yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Objek penelitian ini berupa hasil belajar. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan matematika realistic (pmr) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan dari pra tindakan sampai dengan siklus II yaitu hasil pra tindakan mencapai 29,41%, hasil siklus I mencapai 47,05% dan hasil siklus II mencapai 88,23%.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:12
Last Modified: 30 Aug 2023 07:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33858

Actions (login required)

View Item View Item