Penggunaan Paper Quilling untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Down Syndrome Kelas IV di SLBN 1 Soppeng. Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.

Kartina Sukardi, (2023) Penggunaan Paper Quilling untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Down Syndrome Kelas IV di SLBN 1 Soppeng. Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
247-Article Text-824-1-10-20230606.pdf

Download (358kB)

Abstract

Kartina Sukardi, 2023. Penggunaan Paper Quilling untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Down Syndrome Kelas IV di SLBN 1 Soppeng. Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Dr. H. Syamsuddin, M.Si dan Dr. Usman, M.Si) Kemampuan motorik halus adalah salah satu hal yang penting untuk dikembangkan. Hal ini karena kemampuan motorik halus yang buruk dapat membuat anak kesulitan dalam beraktivitas sehari-hari. Pada anak down syndrome sering ditemui masalah mengenai kemampuan motorik halus yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan motorik halus anak down syndrome sebelum penggunaan paper quilling, 2) Kemampuan motorik halus anak down syndrome sesudah penggunaan paper quilling, dan 3) Peningkatan motorik halus melalui penggunaan paper quilling pada anak down syndrome. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian berinisial AS merupakan anak down syndrome kelas IV di SLBN 1 Soppeng. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan performance test. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil tes sebelum dan sesudah penggunaan paper quilling terhadap kemampuan motorik halus anak down syndrome. Disimpulkan bahwa 1) kemampuan motorik halus anak down syndrome kelas IV di SLBN 1 Soppeng sebelum penggunaan paper quilling diketahui masih berada pada kategori kurang, 2) kemampuan motorik halus anak down syndrome kelas IV di SLBN 1 Soppeng setelah penggunaan paper quilling berada pada kateori baik, dan 3) kemampuan motorik halus pada anak down syndrome kelas IV di SLBN 1 Soppeng meningkat dengan penggunaan paper quilling.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:01
Last Modified: 30 Aug 2023 07:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33856

Actions (login required)

View Item View Item