PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) DALAM MENINGKATKAN HASILBELAJAR IPA SISWA KELAS V.A DI UPT SPFSD INPRES KARUNRUNG

IRAYANTI (2023) PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) DALAM MENINGKATKAN HASILBELAJAR IPA SISWA KELAS V.A DI UPT SPFSD INPRES KARUNRUNG.

[img] Text
3 Artikel Irayanti.pdf

Download (748kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V. A UPT SPF SD Inpres Karunrung. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dan dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V .A UPT SPF SD Inpres Karunrung dengan subjek penelitian satu orang guru dan siswa yang berjumlah 31. Fokus dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) dan hasil belajar IPA siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada siswa kelas V. A UPT SPF SD Inpres Karunrung setelah diterapkan pendekatan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas guru dan siswa pada siklus I yang berada pada kategori sangat kurang kemudian mengalami peningkatan menjadi kategori sangat baik pada siklus II. Dan tes hasil belajar siswa yang diberikan juga mengalami peningkatan, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus I berada pada kategori sedang, dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada kategori sangat tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V. A UPT SPF SD Inpres Karunrung.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:01
Last Modified: 30 Aug 2023 07:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33854

Actions (login required)

View Item View Item