RAHMANIAR NATSIR (2023) Penggunaan Permainan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Kelas II UPT SD Negeri 17 BinamuKabupaten Jeneponto.
Text
ARTIKEL_RAHMANIAR NATSIR_1847442012.pdf Download (527kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tentang rendahnya kemampuan membaca siswa. Untuk menganalisis permasalahan diatas peneliti menggunakan permainan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas II.A UPT SD Negeri 17 Binamu Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Responden penelitian ini adalah seorang guru dan 30 siswa pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil yang dicapai pada penggunaan permainan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas II.A UPT SD Negeri 17 Binamu Kabupaten Jeneponto mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada rata-rata nilai siswa pada siklus I yaitu 63 dan siklus II menjadi 85. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa di kelas II.A UPT SD Negeri 17 Binamu Kabupaten Jeneponto. Kata Kunci: permainan media kartu kata, kemampuan membaca, membaca nyaring
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 30 Aug 2023 06:50 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 06:50 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33852 |
Actions (login required)
View Item |