SRI WIRANTO, A. (2022) PENINGKATAN KREATIVITAS MEMBUAT GERAK TARI DENGAN MODEL ROLE PLAYING PADA KELOMPOK REMAJA FORUM ANAK PANRITA LOPI KABUPATEN BULUKUMBA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.
Text
Jurnal Skripsi A.SRI WIRANTO 1882041016 - Andi Sriwiranto.pdf Download (312kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model Role Playing. Penelitian ini mengkaji Peningkatan Kreativitas Membuat Gerak Tari Dengan Model Role Playing Pada Kelompok Remaja Forum Anak Panrita Lopi Kabupaten Bulukumba. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Role Playing dan hasil kreativitas dalam membuat gerak tari setelah penerapan model Role Playing pada kelompok remaja Forum Anak Panrita Lopi Kabupaten Bulukumba. Model penelitian ini menggunakan deskriptif dengan bentuk penelitian adalah penelitian tindakan/action research, dan menggunakan pendekatan analisis data kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bulukumba. Sumber data dalam penelitian ini adalah Pengurus Forum Anak Panrila Lopi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan wawancara dan tes unjuk kerja. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kreativitas membuat gerak tari dengan Model Role Playing pada kelompok remaja Forum Anak Panrita Lopi Kabupaten Bulukumba dapat dinyatakan berhasil dengan ditunjukkan oleh indikator sebagai berikut: siswa dinyatakan mampu membuat gerak tari dengan model Role Playing melalui tiga aspek penilaian yaitu wiraga, wirasa, dan wirama dengan baik yang diperoleh selama pelaksanaan dua siklus. Namun aspek yang paling sulit dicapai oleh siswa yaitu aspek wirasa. Dari hasil hasil analisis dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian tindakan kelas mengenai Peningkatan Kreativitas Membuat Gerak Tari Dengan Model Role Playing Pada Kelompok Remaja Forum Anak Panrita Lopi Kabupaten Bulukumba setelah siklus II dinyatakan berhasil. Dengan ditunjukan dengan persentase skor akhir yang diperoleh siswa yaitu segi wiraga sebesar 83.33%, segi wirasa sebesar 83.33% dan dari segi wirama sebesar 88.33%. Kata Kunci : Kreativitas,Model Role Playing,Membuat Gerak Tari
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik |
Divisions: | FAKULTAS PSIKOLOGI |
Depositing User: | Pustaka FSD yayu |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 06:40 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 06:40 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33846 |
Actions (login required)
View Item |