Pengaruh Penggunaan Media Hand Puppet terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II SD Inpres Barombong Kecamatan Tamalate Kota Makassar

MUTMAINNA YANTI RUKMANA (2023) Pengaruh Penggunaan Media Hand Puppet terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II SD Inpres Barombong Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL_MUTMAINNA YANTI RUKMANA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ekperimen bentuk Quasi Eksperimental Design. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu, (1) untuk mengetahui gambaran penggunaan media hand puppet di kelas II SD Inpres Barombong II, (2) untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa kelas II SD Inpres Barombong II, dan (3) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan media hand puppet terhada keterampilan berbicara siswa kelas II SD Inpres Barombong II. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media hand puppet sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan berbicara. Populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 44 siswa, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IIA yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol, kemudian kelas IIB yang berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi proses pembelajaran, tes uraian (lisan) dan dokumentasi berupa perangkat. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif yang terdiri data pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dan statistik inferensial melakukan uji normalitas data, uji homogenitas dan uji hipotesis data dengan menggunakan teknik Independent Sample T-Test. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas eksperimen adanya perbedaan setelah diberikan media hand puppet dibuktikan dengan rata-rata hasil tes keterampilan berbicara meningkat setelah diberikan treatment media hand puppet. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) penggunaan media hand puppet di kelas II SD Inpres Barombong Kecamatan Tamalate Kota Makassar berlangsung sangat baik, sesuai dengan langkah penggunaan media, (2) keterampilan berbicara siswa kelas eksperimen berada kategori sangat baik dan keterampilan berbicara siswa kelas kontrol berada kategori baik, dan (3) terdapat pengaruh penggunaan media hand puppet terhadap keterampilan berbicara siswa kelas II SD Inpres Barombong II Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Kata Kunci: Media Hand Puppet, Keterampilan Berbicara

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Aug 2023 06:41
Last Modified: 30 Aug 2023 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33844

Actions (login required)

View Item View Item